Effective Communication
posted by: Hj. Tien Yulianti Ramli
Pengertian
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar komunikan (penerima pesan) memahami dan mengerti mengenai pesan yang disampaikan oleh komunikator (pemberi pesan), bukti dari pemahaman tersebut berupa umpan balik sesuai dengan yang dipahami oleh komunikan, dapat berupa sikap dan perilaku dari komunikan.
Contoh:
Anda diminta untuk menjelaskan kepada rekan Anda, bahwa pimpinan meminta rekan Anda untuk mencarikan data perusahaan yang diperlukan. Jika rekan Anda memberikan apa yang Anda maksudkan, berarti komunikasi yang berlangsung dapat disebut efektif, karena dapat langsung dipahami oleh penerima pesan.
Bentuk Komunikasi
1. Komunikasi Verbal
adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada
komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi
verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran
atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non
verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa
lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.
Contoh :
Komunikasi verbal melalui lisan dapat
dilakukan dengan menggunakan media komunikasi,
contoh seseorang yang bercakap-cakap
melalui telepon.
adalah komunikasi yang disampaikan tidak menggunakan kata atau kalimat tetapi menggunakan isyarat dan simbol melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata, busana, ataupun melalui cara berbicara; penekanan suara, gaya berbicara, kualitas suara, intonasi, dan emosi.
Proses Komunikasi
Komponen Komunikasi
- Sumber (Resource); asal informasi/pesan yang disampaikan
- Komunikator; orang yang menyampaikan pesan
- Komunikan; orang yang menerima pesan
- Pesan; informasi yang disampaikan
- Saluran (Channel); media yang digunakan untuk menyampaikan/menerima pesan
- Umpan balik; respon yang dihasilkan dari proses komunikasi
Hambatan Komunikasi
1. Hambatan Teknis
- Jarak yang terbentang antara komunikator dengan komunikan; tempat, posisi
- Media yang digunakan
- Teknologi yang dimanfaatkan
2. Hambatan Semantik
- Pengucapan yang tidak jelas
- Tata bahasa yang tidak teratur
- Perbedaan persepsi dalam mengartikan pesan yang dimaksud
3. Hambatan Kepribadian
- Kondisi fisik ; normal atau cacat
- Kondisi emosi; senang, kesal, marah, atau sedih
- Jenis karakter
- Kondisi intelektualitas
- Kondisi sosial dan budaya
Kekuatan Komunikasi
- Penampilan
- Kontak Mata
- Ekspresi Wajah
- Ekspresi Suara
- Bahasa Tubuh
- Gaya Tulisan
Jenis-Jenis Komunikasi
1. Komunikasi Langsung
adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga
Contoh:
- Berbicara efektif
- Public speaking
2. Komunikasi Tak Langsung
adalah komunikasi yang disampaikan dengan menggunakan pihak ketiga atau media perantara
Contoh:
Surat, Pamflet, Brosur, Banner, dll.
- Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
- Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
- Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
- Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.